Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Daring 7: Bukti Dalil Kebenaran Sifat-Sifat Allah SWT

MATERI POKOK

C. BUKTI/DALIL KEBENARAN SIFAT-SIFAT ALLAH SWT.

Sifat-sifat Allah Swt. Dapat dibuktikan dengan dua cara, yaitu dalil Aqli ( Dalil yang didasarkan akal) dan dalil Naqli (Dibuktikan dengan dasar Al Qur’an dan Hadits Nabi Saw.)

Sifat-sifat wajib dan mustahil Allah adalah sebagai berikut:


1. Wajib : Wujud artinya ada, Allah Swt. adalah Tuhan yang wajib kita
sembah itu pasti ada. Aallah Swt. itu ada tanpa ada perantara sesuatu dan tanpa ada yang mewujudkan. Mustahil : ‘Adam artinya tidak ada

  • Dalil aqli : Adanya Allah S.w.t..dapat dibuktikan dengan adanya alam dan seisinya ini. Semua barang yang ada di lingkungan kita pasti ada yang membuat. Adanya meja ada yang membuat yaitu Tukang. Adanya baju atau pakaian karena dibuat oleh penjahit. Alam ini pasti ada yang membuat dan tidak mungkin ada dengan sendirinya.
  • Dalil Naqli : Berdarkan firman dalam QS. Ali Imran: 2 berikut : Artinya : ”Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Maha Hidup, yang terus menerus mengurus makhluk-Nya.


2. Wajib : (Qidam) artinya Terdahulu.
Sebagai Dzat yang menciptakan seluruh alam, Alah Swt. pasti lebih dahulu ada sebelum makhluk. Mustahil : Fana’ artinya Rusak

  • Dalil Aqli : Akal sehat mengatakan bahwa tukang kayu lebih dahulu ada daripada meja yang dibuatnya. Allah S.w.t..adalah pencipta alam semesta, Dia lebih dahulu ada sebelum alam ini ada.
  • Dalil Naqli Firman Allah QS. Al-Hadid ayat 3 Artinya :”Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Lahir dan Yang Batin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. Al Hadiid: 3)”


3. Wajib : Baqa’ artinya kekal.
Allah Swt. senantiasa ada, tidak akan mengalami kebinasaan atau kerusakan. Mustahil : fana’ artinya rusak

  • Dalil Aqli : Semua makhluk ciptaan Allah S.w.t..akan rusak, sedangkan Dia sebagai pencipta tidak akan rusak. Allah S.w.t..akan kekal selamanya dan Dia tidak akan pernah mati.
  • Dalil Naqli : Firman Allah Swt dalam Q.S Ar-Rahman :26-27 Artinya : ” Semua yang ada di bumi itu akan binasa.dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.”


4. Wajib : Mukhalafatu lil Hawaditsi artinya Berbeda dengan Makhluk.
Allah pasti berbeda dengan makhluknya, meliputi sifat, dzat, perbuatannya. Mustahil : Mumatsalatu lil Hawaditsi artinya serupa dengan Makhluk

  • Dalil Aqli : Allah Swt. memiliki sifat yang sempurna dan istimewa. Sifat Allah Swt. berbeda dengan sifat makhluk-Nya.
  • Dalil Naqli : Allah Swt.berfirman Asyura : 11 Artinya : ”tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha mendengar dan melihat”.


5. Wajib : Qiyamuhu Binafsihi artinya Berdiri Sendiri.
Allah Swt. tidakmembutuhkan terhadap sesuatu apapun dan tidak membutuhkan tempat dan dzat yang diciptakan. Mustahil : Ihtiyaju Lighhoirihi artinya Butuh Kepada yang Lain

  • Dalil Aqli : Allah Swt.sebagai pencipta alam adalah Maha kuasa. Dia tidak memerlukan bantuan dari kekuatan lain karena mempunyai kekuatan yang ada pada diri-Nya.
  • Dalil Naqli : Firman Allah Swt. QS. Al-Ankabuut: 6 “… dan Barangsiapa yang berjihad, Maka Sesungguhnya jihadnya itu adalah untuk dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam”.


6.Wajib : Wahdaniah artinya Esa.
Allah itu Esa dalam Dzat-Nya (Tidak tersusun dari beberapa unsur atau badan dan tidak ada dzat yang menyamai Dzat Allah Swt.), Esa Sifat-Nya ( Sifat Allah Swt. tidak terdiri dari dua sifat yang sama dan tidak ada satupun yang menyamai sifat Allah Swt.) Esa Perbuatan-Nya ( Hanyalah Allah Swt. yang memiliki kesempurnaan dalam perbuatan dan tidak satupun yang dapat menyamai perbuatan Allah Swt.). Mustahil : Ta’addud artinya berbilang

  • Dalil Aqli : Manusia dituntut untuk meyakini bahwa wujud Allah Maha Esa (satu). Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa
  • Dalil Naqli : Firman Allah Swt. Artinya : ”Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa (QS. 112 Al-Ikhlash: 1) Artinya : “Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Mahasuci Allah yang memiliki ‘Arsy, dari apa yang mereka sifatkan. (QS. Al-Anbiyaa' : 22)


7. Wajib : Qudrat artinya Kuasa.
Allah Swt. Maha Kuasa dengan kekuasaan yang tidak terbatas. Kekuasaan Allah Swt. itu meliputi segala sesuatu. Kuasa Allah Swt. untuk mewujudkan dan meniadakan segala sesuatu yang dikehendakin-Nya. Mustahil : ’Ajzun artinya Lemah

  • Dalil Aqli : Manusia dapat berkuasa, tetapi kekuasaannya sangat terbatas. Manusia tidak akan dapat mempertahankan dirinya untuk tetap hidup . Kuasa Allah Swt. di atas segala-galanya.
  • Dalil Naqli : Allah S.w.t. berfirman : Artinya:” Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu. (QS. 2 Al-Baqarah : 20)


8. Wajib : Iradah artinya Berkehehdak.
Allah Maha Berkehendak dan tidak seorangpun yang mampu menahan kehendak Allah Swt. dan segala yang terjadi di dunia berjalan sesuai dengn kehendak Allah Swt. Mustahil : Karahah artinya Terpaksa

  • Dalil Aqli : Manusia mempunyai kehendak, tetapi banyak yang tidak terlaksana. Kehendak Allah Swt..pasti terlaksana karena Dia Maha Kuasa. Jika Allah S.w.t..berkehendak, tidak satu pun yang dapat menolak. Allah Swt. Mempunyai kemauan dan kehendak sendiri dalam menciptakan alam semesta. Dia tidak akan pernah diperintah dan diatur pihak lain.
  • Dalil Naqli : Firman Allah Swt. : Artinya :”Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia. (QS.Yaa siin : 82)


9. Wajib : ‘Ilmun artinya Mengetahui.
Allah Swt. mengetahui semua ciptaanNya Allah Swt. mengetahui dengan jelas akan semua perkara
yang tampak dan samar tanpa ada perbedaan antara keduanya. Mustahil : Jahlun artinya Bodoh

  • Dalil Aqli : Akal sehat pasti mengakui bahwa orang yang membuat sesuatu pasti mengetahui sesuatu yang akan dibuat. Allah S.w.t..adalah pencipta alam ini dan Dia mengetahui semua ciptaan-Nya .
  • Dalil Naqli : Firman Allah Swt. : Artinya : ” dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. Al-Hujuraat 16)


10. Wajib : Hayat artinya Hidup.

Allah Swt. Maha Hidup. Hidup Allah Swt. adalah kehidupan abadi tidak akan mati. Mustahil : Mautun artinya Mati

  • Dalil Aqli : Seluruh kehidupan makhluk tunduk kepada Allah Swt. Dia yang mengatur semua kehidupan makhluk hidup. Allah Swt. tidak akan mati dan Dia kekal selamanya .
  • Dalil Naqli : Allah Swt. berfirman : Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. (QS. Ali-'Imran : 2)


11. Wajib : Sama’ artinya Mendengar.
Pendengaran Allah Swt. tidak sama dengan pendengaran manusia yang bias dibatasi ruang dan waktu. Allah Swt. mendengar dengan jelas semua yang diucapkan hamba-Nya lahir maupun batin. mustahil : Shummun artinya Tuli

  • Dalil Aqli : Tidak ada suatu yang tidak didengar oleh Allah Swt.walaupun jumlah suara manusia ratusan juta, semua akan didengar oleh Allah Swt.
  • Dalil Naqli : Allah Swt.berfirman : Artinya: ” Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui ”. (QS. Al-Hujuraat 1)


12. Wajib : Bashar artinya Melihat.
Allah Maha Melihat segala sesuatu yang tampak maupun samar. Bahkan andaikata ada semut yang hitam berjalan ditengah malam yang gelap gulita, Allah Swt. dapat melihatnya dengan jelas. mustahil : ’Umyun artinya Buta

  • Dalil Aqli : Allah melihat segala sesuatu, baik yang besar maupun yang kecil, bahkan yang tersembunyi, tanpa bantuan alat untuk melihat. Penglihatan Allah tidak ada batasnya. Teknologi manusia yang paling canggih pun tidak mungkin dapat mengimbangi penglihatan Allah.
  • Dalil Naqli : Firman Allah Swt.: Artinya: ” Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. 17 Al-Israa' :1)


13. Wajib : Kalam artinya Berfirman.
Firman Allah Swt. tanpa suara dan katakata, tidak sama seperti perkataan manusia yang terdiri dari suara dan susunan katakata. mustahil : Bukmun artinya Bisu
a.Dalil Aqli : Kalam berarti Allah Swt. berbicara melalui firman-Nya yang berupa wahyu.
b.Dalil Naqli : Allah Swt.berfirman :” Artinya:” Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung. (QS. 4 An-Nisaa' : 164)

Dari sifat yang 13 itu,para ulama’ menambahkan 7 sifat yang merupakan penguat
dari 7 sifat yang terakhir (qudrat, iradat, ilmu, hayat, sama’, bashar, dan kalam).
Sehingga sifat-sifat Allah yang wajib dan mustahil menjadi 20 sifat. Sifat-sifat itu
adalah :

  • 14. Wajib : Qadiran artinya Yang Maha Kuasa >> Mustahil : ’Ajizan artinya yang lemah
  • 15. Wajib : Muridan artinya Yang Maha berkehendak >> Mustahil : Mukrahan artinya yang terpaksa
  • 16. Wajib : ‘Aliman artinya Yang Maha Mengetahui >> Mustahil : Jahilan artinya yang Bodoh
  • 17. Wajib : Hayyan artinya Yang Maha Hidup >> Mustahil : Mayyitan artinya yang Mati
  • 18. Wajib : Sami’an artinya Yang Maha Mendengar >> Mustahil : . Ashommu artinya yang Tuli
  • 19. Wajib : Bashiran artinya Yang Maha Melihat >> Mustahil : A’ma artinya yang Buta .
  • 20. Wajib : Mutakalliman artinya Yang Maha Berfirman >> Mustahil : Abkam artinya yang Bisu


D. CIRI-CIRI ORANG YANG BERIMAN TERHADAP SIFAT-SIFAT ALLAH
(WAJIB, MUSTAHIL, JAIZ)

  1. Percaya dan yakin akan adanya Allah serta menjauhkan diri dari paham-paham yang anti tuhan ( meniadakan Tuhan)
  2. Mempercayai bahwa Allah Maha Pencipta alam dan segala isinnya adalah maha azali yaitu sudah ada sebelum adanya sesuatu apapun selain diri Dia sendiri.
  3. Meyakini bahwa segala sesuatu yang bernama makhluk pasti binasa, rusak, mati dan musnah kecuali Dzat Allah yang kekal, tidak mengalami perubahan.
  4. Percaya bahwa Allah swt sebagai maha pencipta pasti berbeda dengan semua makhluk yang diciptakannya.
  5. Senantiasa hidup bergantung pada kekuasaan dan kehendak Allah swt.
  6. Tidak berbuat kemusyrikan (menyekutukan Allah dengan Tuhan yang lain)


>> LEMBAR KERJA SISWA <<

  1. Buat Peta Konsep Sifat Wajib, Mustahil, dan Jaiz bagi Allah SWT
  2. Kirim ke link seperti biasa!


Cimahi, 15 September 2020
Penulis
Toto H
WEBSITE: https://cariduit-dot.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Materi Daring 7: Bukti Dalil Kebenaran Sifat-Sifat Allah SWT"