Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Ramedial Siswa IX C, D, E, F Mapel Bahasa Indonesia

Tugas Ramedial Siswa IX C, D, E, F Mapel Bahasa Indonesia

TUGAS BAHASA INDONESIA

9 C-F

SEMESTER GANJIL

Materi Pokok : TEKS LHO

Soal :

Mengamati Pertumbuhan Kecambah Kacang Hijau Kacang hijau ditaruh pada beberapa lapis kapas basah dan diletakkan dalam wadah. Botol plastik dipotong menjadi 2 bagian, gunakan botol plastik bagian bawah sebagai wadah. Kacang hijau tersebut disiram secara teratur agar mendapat asupan air yang cukup. Pada hari pertama belum terlihat pertumbuhan apapun. Hari berikutnya akan muncul sedikit akar, warnanya keputihan yang terletak di ujung kacang hijau. Hari ketiga, akar kecil tersebut berubah menjadi batang. Hari kelima dan keenam, mulai muncul daun dari batang yang tumbuh semakin tinggi.

  1. Jelaskan alasan untuk membuktikan bahwa teks di atas termasuk teks ilmiah!
  2. Jelaskan tujuan penelitian tersebut!
  3. Rumuskan hipotesis dalam penelitian tersebut!
  4. Apakah hipotesis sama hasil penelitian?
  5. Jelaskan jenis penelitian yang di lakukan berdasarkan laporan di atas?

--------------------------------------------------------

Materi Pokok : TEKS LHO

Soal :

1. Sajikan teks LHO mengenai pembuatan pelangi dalam bentuk paragraph !

Materi Pokok : Pidato Persuasif

Soal :

"Coba pikirkan jutaan hewan yang kehilangan rumah nya setiap hari akibat pohon yg di tebang.Jika daur ulang berkelanjutan kita dapat menyelamatkan banyak hutan yg indah” 

"Kita paham bahwa sumber daya alami kita terbatas kita dapat memperpanjang cadangan kita dengan daur ulang” 

"Daur ulang adalah hal benar yang kita lakukan memubazirkan sumber daya alam kita yg terbatas sama dengan mencuri hak anak cucu kita di masa depan ini tidak bermoral.”

  1. Tentukan mana contoh cara persuasi berdasarkan etika, emosi, dan logika
  2. Buatlah ungkapan dengan tujuan meyakin kan orang untuk menanam pohon!!
--------------------------------------------------------

Materi Pokok : Pidato Persuasif

Soal :

1. Buatlah pidato persuasif dengan tema di bawah ini pilih salah satu saja !

  • Kenakalan remaja
  • Pembelajaran daring
  • Pandemi corona 

--------------------------------------------------------

Materi Pokok : Cerita Pendek

Soal :

“Seragam” karya A. K. Basuki

“Dia adalah sahabat masa kecil terbaik saya. Bertemu dengannya, mau tidak mau mengingatkan kembali pada pengalaman kami dahulu. Pengalaman yang menjadikan dia, walau tidak setiap waktu, selalu lekat di ingatan saya. Tentu dia mengingatnya pula, bahkan saya yakin rasa yang diidapnya lebih besar efeknya. Karena sebagai seorang sahabat, dia jelas jauh lebih tulus setia daripada saya.”

Malam itu saya berada di sini, memperhatikannya belajar. Teplok yang menjadi penerang ruangan diletakkan di atas meja, hampir mendekat sama sekali dengan wajahnya jika dia menunduk untuk menulis. Di atas amben, ayahnya santai merokok. Sesekali menyalakan pemantik jika bara rokok lintingannya soak bertemu dengan potongan besar cengkeh atau kemenyan yang tidak lembut diirisnya. Ibunya, seorang perempuan yang banyak tertawa, berada di sudut sembari bekerja memilin sabut-sabut kelapa menjadi tambang.

Rasanya belum terlalu lama kamu berada di sana dan bumbung baru terisi beberapa ekor jangkrik ketika tiba-tiba angin berubah perangai. Lidah api bergoyang menjilat wajah saya yang tengah merunduk. Kaget, pantat obor itu justru saya angkat tinggi-tinggi sehingga minyak mendorong sumbunya terlepas. Api dengan cepat berpindah membakar punggung saya!

1. Tentukan struktur teks cerita pendek di atas !

--------------------------------------------------------

Materi Pokok : Cerita Pendek

Soal :

“Seragam” karya A. K. Basuki

“Dia adalah sahabat masa kecil terbaik saya. Bertemu dengannya, mau tidak mau mengingatkan kembali pada pengalaman kami dahulu. Pengalaman yang menjadikan dia, walau tidak setiap waktu, selalu lekat di ingatan saya. Tentu dia mengingatnya pula, bahkan saya yakin rasa yang diidapnya lebih besar efeknya. Karena sebagai seorang sahabat, dia jelas jauh lebih tulus setia daripada saya.” 

Malam itu saya berada di sini, memperhatikannya belajar. Teplok yang menjadi penerang ruangan diletakkan di atas meja, hampir mendekat sama sekali dengan wajahnya jika dia menunduk untuk menulis. Di atas amben, ayahnya santai merokok. Sesekali menyalakan pemantik jika bara rokok lintingannya soak bertemu dengan potongan besar cengkeh atau kemenyan yang tidak lembut diirisnya. Ibunya, seorang perempuan yang banyak tertawa, berada di sudut sembari bekerja memilin sabut-sabut kelapa menjadi tambang. 

Rasanya belum terlalu lama kamu berada di sana dan bumbung baru terisi beberapa ekor jangkrik ketika tiba-tiba angin berubah perangai. Lidah api bergoyang menjilat wajah saya yang tengah merunduk. Kaget, pantat obor itu justru saya angkat tinggi-tinggi sehingga minyak mendorong sumbunya terlepas. Api dengan cepat berpindah membakar punggung saya!

1. Tentukanlah kaidah kebahasaan teks cerita pendek di atas !

--------------------------------------------------------

Materi Pokok : Teks Tanggapan

Soal :

LUKISAN

Lukisan ini adalah sebuah karya seni berkelas tinggi dari sang maestro Affandi. Ia melukiskan pemandangan alam perkebunan cengkeh di area perkebunan berbukit yang masih alami dan tampak apa adanya dari alam.Untuk menghidupkan suasana pada lukisan, dihadirkannya figur manusia sebagai objek pendukung, tetap ini dari lukisan tetap menunjukkan adanya aktivitas kehidupan yang menyatu dengan alam. 

Seperti biasa, ekspresi goresan khas Affandi yang unik menjadikan lukisan ini lebih istimewa lagi.Seperti kebanyakan lukisan Affandi yang lainnya, ia selalu menempatkan matahari sebagai objek utamanya. Namun dalam lukisan ini, penempatan matahari tampak unik, seolah sang pelukis ingin mengambil perspektif posisi di balik matahari.Tampak dalam lukisan matahari tidak ada di balik bukit, tapi di atas bukit dan bahkan menutupi bukit. Keunikan ini sepertinya hanya dimiliki oleh Affandi, sebagai sudut pandang maestro ekspresionis ini dalam berekspresi. Ia memang layak untuk menjadi seorang pelukis ternama.

1. Indentifikasi Informasi Teks Tanggapan!

--------------------------------------------------------

Materi Pokok : Teks Tanggapan

Soal :

Perhatikan gambar berikut!

Gambar 1. Ilustrasi - Merdeka.com


Berdasarkan gambar tersebut buatlah teks tanggapan yang sesuai dengan memperhatikan strukturdan kebahasaannya !

Posting Komentar untuk "Tugas Ramedial Siswa IX C, D, E, F Mapel Bahasa Indonesia"