Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sosialisasi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Nurul Falah Kota Cimahi

 


MTsNFC--Kurikulum Merdeka mulai disosialisasikan di madrasah. Kali ini giliran MTs Nurul Falah Kota Cimahi yang mulai mengadakan sosialisasi Kurikum Merdeka sebab sehubungan dengan ajaran baru yang tahun depan akan dilaksanakan (04/07/2022).  Acara yang dibuka oleh pembawa acara Syarifudin, S.Ag. Acara dimulai jam 08.00 sampai jam 12.20 WIB. Peserta yang terdiri dari guru dan pegawai MTs Nurul Falah Kota Cimahi cukup antusias mengikuti jalannya acara dari awal sampai akhir.

Sosialisasasi dan implementasi Kurikulum Merdeka pada madrasah di MTs Nurul Falah Kota Cimahi menghadirkan Pengawas Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Cimahi, yaitu Dede Karya Zaenudin, S.Ag, M.Pd. , beliau memberikan penjelasan tentang maksud Kurikulum Merdeka yang menyangkut tentang standar kelulusan, standar isi, standar kurilulum, pembelajaran dan asismen, penguatan profil pelajar Pancasila, capaian pembelajaran, sosialisasi dan pendampingan implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah.

“Terima kasih kami sampaikan kepada bapak Pengawas Madrasah yang telah bersedia memberikan ilmu dan pengalaman dalam acara sosialisasi dan implementasi Kurikulum Merdeka pada madrasah. Semoga guru dan pegawai yang telah mendapatkan ilmu dan pengarahan semakin meningkat kompetensi yang dimiliki sehingga mewujudkan anak didik yang cerdas, berprestasi, toleran, dan berakhlul karimah,” ujar H. Deden Ridwan, S.H selaku Kepala Madrasah.

Pengawas Pendidikan Madrasah, Dede Karya Zaenudin, menuturkan “Kurikulum Merdeka dilaunching sejak bulan April tahun 2022. Dilaksananakan sepenuhnya pada tahun 2024. Didalamnya memuat proyek penguatan profil pada Pancasila. Jika pada madrasah berarti memuat proyek penguatan profil pada madrasah,” tutur beliau. “Pelaksanaan Kurikulum Merdeka juga perlu koordinasi dengan wali murid atau minimal dengan komite,” beliau menambahkan.


Pada sesi selanjutnya, beliau menyampaikan penjelasan tentang implementasi Kurikulum Merdeka bahwa “Pedoman implementasi Kurikulum Merdeka berdasarkan KMA No. 347 Tahun 2022. Kurukulum Merdeka lebih fleksibel karena esensial masing-masing madrasah berbeda (tidak musti sama). Kurikulum Merdeka merupakan pilihantidak kewajiban tetapi jangan menggunakan kurikulum biasa. Materi disederhanakan, orientasinya pada anak, pembelajaran berbasir proyek (yang dinilai prosesnya),”.

Pada dasarnya Kurikulum Merdeka belum dapat diterapkan saat ini pada madrasah karena masih dalam taraf “penggodhokan” lebih matang lagi. Namun demikian warga madrasah siap-siap menyambut dan bahkan melaksanakannya agar proses pembelajaran di madrasah lebih berwarna. “Dilaunchingnya Kurikulum Merdeka pada madrasah akan menambah ruang gerak yang lebih leluasa terutama bagi guru dalam mengeksplor kompetensinya untuk ditanamkan pada peserta didiknya dalam memahami ilmu (materi) yang diajarkannya.” “Pelaksanaan Kurikulum Merdeka otomatis akan dengan administrasi yang berbeda meskipun masih ada beberapa kesamaan. Ya, kita tunggu saja. Semua ini demi kualitas Pendidikan di Indonesia lebih khusus untuk Pendidikan di madrasah,” imbuhnya menutup wawancara. Pada akhirnya acara berjalan lancar, disimpulkan oleh Pembawa Acara, dan ditutup dengan bacaan hamdalah bersama. Hadirin memberikan applause meriah tanda menyambut hangat akan diberlakukannya Kurikulum Merdeka pada Madrasah.


Posting Komentar untuk "Sosialisasi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Nurul Falah Kota Cimahi"