Sosialisasi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Nurul Falah Kota Cimahi
MTsNFC--Kurikulum
Merdeka mulai disosialisasikan di madrasah. Kali ini giliran MTs Nurul Falah
Kota Cimahi yang mulai mengadakan sosialisasi Kurikum Merdeka sebab sehubungan
dengan ajaran baru yang tahun depan akan dilaksanakan (04/07/2022). Acara
yang dibuka oleh pembawa acara Syarifudin, S.Ag. Acara dimulai jam 08.00 sampai
jam 12.20 WIB. Peserta yang terdiri dari guru dan pegawai MTs Nurul Falah Kota
Cimahi cukup antusias mengikuti jalannya acara dari awal sampai akhir.
Sosialisasasi dan implementasi Kurikulum Merdeka pada madrasah
di MTs Nurul Falah Kota Cimahi menghadirkan Pengawas Pendidikan Madrasah Kantor
Wilayah Kementerian Agama Kota Cimahi, yaitu Dede Karya Zaenudin, S.Ag, M.Pd. ,
beliau memberikan penjelasan tentang maksud Kurikulum Merdeka yang menyangkut tentang
standar kelulusan, standar isi, standar kurilulum, pembelajaran dan asismen,
penguatan profil pelajar Pancasila, capaian pembelajaran, sosialisasi dan
pendampingan implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah.
“Terima kasih kami sampaikan kepada bapak Pengawas Madrasah yang
telah bersedia memberikan ilmu dan pengalaman dalam acara sosialisasi dan
implementasi Kurikulum Merdeka pada madrasah. Semoga guru dan pegawai yang
telah mendapatkan ilmu dan pengarahan semakin meningkat kompetensi yang
dimiliki sehingga mewujudkan anak didik yang cerdas, berprestasi, toleran, dan
berakhlul karimah,” ujar H. Deden Ridwan, S.H selaku Kepala Madrasah.
Pengawas
Pendidikan Madrasah, Dede Karya Zaenudin, menuturkan “Kurikulum Merdeka
dilaunching sejak bulan April tahun 2022. Dilaksananakan sepenuhnya pada tahun
2024. Didalamnya memuat proyek penguatan profil pada Pancasila. Jika pada
madrasah berarti memuat proyek penguatan profil pada madrasah,” tutur beliau.
“Pelaksanaan Kurikulum Merdeka juga perlu koordinasi dengan wali murid atau minimal
dengan komite,” beliau menambahkan.
Pada
sesi selanjutnya, beliau menyampaikan penjelasan tentang implementasi Kurikulum
Merdeka bahwa “Pedoman implementasi Kurikulum Merdeka berdasarkan KMA No. 347
Tahun 2022. Kurukulum Merdeka lebih fleksibel karena esensial masing-masing
madrasah berbeda (tidak musti sama). Kurikulum Merdeka merupakan pilihantidak
kewajiban tetapi jangan menggunakan kurikulum biasa. Materi disederhanakan,
orientasinya pada anak, pembelajaran berbasir proyek (yang dinilai prosesnya),”.
Pada dasarnya Kurikulum Merdeka belum dapat diterapkan saat ini
pada madrasah karena masih dalam taraf “penggodhokan” lebih matang lagi. Namun
demikian warga madrasah siap-siap menyambut dan bahkan melaksanakannya agar
proses pembelajaran di madrasah lebih berwarna. “Dilaunchingnya Kurikulum
Merdeka pada madrasah akan menambah ruang gerak yang lebih leluasa terutama
bagi guru dalam mengeksplor kompetensinya untuk ditanamkan pada peserta
didiknya dalam memahami ilmu (materi) yang diajarkannya.” “Pelaksanaan
Kurikulum Merdeka otomatis akan dengan administrasi yang berbeda meskipun masih
ada beberapa kesamaan. Ya, kita tunggu saja. Semua ini demi kualitas Pendidikan
di Indonesia lebih khusus untuk Pendidikan di madrasah,” imbuhnya menutup
wawancara. Pada akhirnya acara berjalan lancar, disimpulkan oleh Pembawa Acara,
dan ditutup dengan bacaan hamdalah bersama. Hadirin memberikan applause meriah
tanda menyambut hangat akan diberlakukannya Kurikulum Merdeka pada Madrasah.
Posting Komentar untuk "Sosialisasi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Nurul Falah Kota Cimahi"